Uskup Belo Dijatuhi Sanksi Vatikan Terkait Dugaan Pelecehan Seksual

- Jumat, 30 September 2022 | 10:10 WIB
Carlos Ximenes Belo (Al Jazeera)
Carlos Ximenes Belo (Al Jazeera)

HALLOLIFESTYLE - Vatikan telah mengkonfirmasi bahwa Uskup Carlos Ximenes Belo, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, telah dikenai sanksi disiplin selama dua tahun terakhir.

Sanksi dijatuhkan menyusul tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan selama waktunya di Timor Timur pada 1990-an.

Pengakuan itu datang pada hari Kamis, sehari setelah majalah Belanda De Groene Amsterdammer mengungkap klaim terhadap uskup Katolik yang dihormati itu, dengan mengutip dua orang yang diduga menjadi korban Belo dan melaporkan ada orang lain yang tidak melapor.

Baca Juga: Penyanyi R Kelly Dijatuhi 30 Tahun Hukuman Penjara Atas Pelecehan Seksual, Perdagangan Manusia

Juru bicara Matteo Bruni mengatakan kantor Vatikan yang menangani kasus pelecehan seks menerima laporan tuduhan "tentang perilaku uskup" pada 2019 dan dalam waktu satu tahun telah memberlakukan pembatasan.

Pembatasan termasuk pembatasan pergerakan dan pelaksanaan pelayanan Belo, dan dilarang melakukan kontak sukarela dengan anak di bawah umur atau kontak dengan Timor Lorosa'e.

Baca Juga: Nyelaras Unggah Video Minta Maaf Tuduh Gofar Hilman Lakukan Pelecehan, Netizen Nggak Rela

Vatikan tidak memberikan penjelasan mengapa Belo mengundurkan diri sebagai kepala Gereja Katolik Roma di Timor Timur pada tahun 2002 dan dikirim ke Mozambik, di mana ia diizinkan untuk bekerja dengan anak-anak.

Berita itu mengejutkan seluruh Timor Leste, di mana ia dianggap sebagai pahlawan karena berjuang untuk memenangkan kemerdekaan Timor Leste dari kekuasaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berapa Jumlah Penonton Piala Dunia 2022 Di Qatar?

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:20 WIB

The Rolling Stones Meluncurkan Album Baru Grrr Live!

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:10 WIB
X