NASA Membatalkan Peluncuran Artemis Yang Dijadwalkan Pada 27 September Karena Badai Tropis Ian

- Minggu, 25 September 2022 | 12:10 WIB
Misi Artemis 1 (The Verge)
Misi Artemis 1 (The Verge)

HALLOLIFESTYLE - NASA membatalkan peluncuran Artemis I yang dijadwalkan pada 27 September karena Badai Tropis Ian terus meningkat, berpotensi menguat menjadi badai besar yang menyerang Florida minggu depan.

Badan antariksa NASA tersebut masih belum memutuskan apakah akan mengembalikan roket Space Launch System (SLS) ke Gedung Perakitan Kendaraan (VAB) Kennedy Space Center, tetapi mengindikasikan akan membuat keputusan akhir pada hari Minggu.

Baca Juga: NASA Telah Menetapkan Jadwal Baru Peluncuran Misi Artemis 1.

Selama pertemuan Sabtu pagi, tim memutuskan untuk mundur dalam mempersiapkan tanggal peluncuran Selasa untuk memungkinkan mereka mengonfigurasi sistem untuk meluncurkan roket Space Launch System dan pesawat ruang angkasa Orion ke Vehicle Assembly Building,” kata NASA.

Agensi menambahkan bahwa para insinyur “menangguhkan keputusan akhir tentang penggulingan hingga hari Minggu,” yang akan “memungkinkan pengumpulan dan analisis data tambahan.”

Peluncuran tanpa awak adalah uji coba roket SLS NASA yang akan melontarkan kapsul Orion mengelilingi Bulan, dan merupakan bagian dari tujuan menyeluruh badan tersebut untuk membawa manusia kembali ke permukaan bulan pada tahun 2025.

Baca Juga: NASA Membatalkan Lagi Peluncuran Misi Artemis 1, Mengapa?

Sementara upaya peluncuran pertama berakhir karena masalah mesin, yang kedua terputus karena kebocoran bahan bakar yang besar.

Pada hari Jumat, pejabat NASA tetap yakin bahwa roket Artemis I siap diluncurkan setelah uji coba sistem bahan bakarnya yang bermasalah.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berapa Jumlah Penonton Piala Dunia 2022 Di Qatar?

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:20 WIB

The Rolling Stones Meluncurkan Album Baru Grrr Live!

Selasa, 6 Desember 2022 | 07:10 WIB
X