Prahara Hakim Agung Sudrajad Dimyati: Jadi Tersangka, Ditahan KPK, Lalu Diberhentikan MA

- Jumat, 23 September 2022 | 20:36 WIB
Hakim Agung Sudrajad Dimyati
Hakim Agung Sudrajad Dimyati

HALLO LIFESTYLE - Kabar memilukan datang dari dunia hukum Tanah Air. Seorang Hakim Agung, yakni Sudrajad Dimyati ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sang Hakim Agung diduga terjerat kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 23 September 2022, dini hari mengatakan, dari pengumpulan berbagai informasi disertai bahan keterangan terkait dugaan korupsi tersebut, KPK kemudian menyelidiki dalam upaya menemukan adanya peristiwa pidana sehingga ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup.

"Selanjutnya, KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan, berdasarkan hasil keterangan saksi dan bukti-bukti yang cukup maka Penyidik menetapkan sebanyak 10 orang sebagai tersangka," ucap Firli.

Sebagai penerima ialah Sudrajad Dimyati (SD), Hakim Yustisial/Panitera Pengganti MA Elly Tri Pangestu (ETP), PNS pada Kepaniteraan MA Desy Yustria (DY), PNS pada Kepaniteraan MA Muhajir Habibie (MH), PNS MA Redi (RD), PNS MA Albasri (AB).

Kemudian sebagai pemberi, yakni Yosep Parera (YP) selaku pengacara. Eko Suparno (ES) selaku pengacara pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana (ID) Heryanto Tanaka (HT), dan pihak swasta/debitur Koperasi Simpan Pinjam ID Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS).

Setelah berstatus sebagai tersangka, Sudrajad lalu menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saat ini, tim penyidik kembali menahan satu orang tersangka, yaitu SD, untuk 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 23 September 2022 sampai dengan 12 Oktober 2022 di Rutan KPK pada Kavling C1," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Selain Sudrajad, KPK juga menahan tersangka ETP dan DY di Rutan KPK, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta; MH, YP, dan ES di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat; serta tersangka AB dan NA di Rutan Polres Metro Jakarta Timur.

Halaman:

Editor: Akni Pamedang

Tags

Terkini

Satu Oktober Besok Hari Oma Opa Internasional

Jumat, 30 September 2022 | 17:11 WIB

Margot Robbie Kenakan Baju Retro Demi Premier Amsterdam

Selasa, 20 September 2022 | 13:10 WIB
X