Analisis Data Media Sosial Drone Emprit Terhadap Kasus Miras Holywings

- Rabu, 29 Juni 2022 | 14:13 WIB
PETA SNA HOLYWINGS (Drone Emprit)
PETA SNA HOLYWINGS (Drone Emprit)

HALLO LIFESTYLE - Media sosial hiruk-pikuk pasca kontroversi promosi miras Holywings. Perbincangan dengan sentimen positif dan negatif mengemuka.

Total volume percakapan kebanyakan diisi mayoritas warganet dari sisi kontra atas promosi miras yang dilakukan Holywings.

Publik mengecam promosi miras yang dilakukan Holywings dan meminta agar kasus ini diusut tuntas.

Catatan Drone Emprit, yang dikutip dari akun foundernya @ismailfahmi, terungkap setidaknya ada 66 tokoh yang membicarakan isu promosi miras yang dilakukan Holywings.

Sebanyak 92% di antaranya mengecam. Promosi miras yang dilakukan Holywings dengan membawa nama “Muhammad” dan “Maria” dianggap suatu tindakan provokatif yang mengandung unsur SARA dan penghinaan terhadap agama.

Tiga persen lagi menyuarakan permintaan maaf atas nama Holywings dan lima persen tokoh menyuarakan perihal proses hukum.

Para tokoh yang kontra dengan promosi miras Holywings dari 25 Perwakilan Ormas, 14 Politisi, 8 Tokoh Agama (MUI, Muhammadiyah, PWNU), 2 Akademisi, 2 Kemenag, 1 Ketum Asosiasi Hiburan, 1 Ketum Masyarakat Syariah, 1 Kolumnis, 1 WaGub, 1 Pejabat Disparekraf, dan 1 Kuasa Hukum.

Selain itu, tokoh lainnya yang ikut berkomentar tetapi netral berasal dari 2 Pejabat Kepolisian dan 1 Organisasi LBH.

Perbincangan tentang promosi miras Holywings terpantau tinggi pada 25 Juni dengan 3.041 mentions dan mulai melandai di tanggal 28 Juni (s.d pukul 16.59 WIB) dengan 1.068 mentions.

Tren diprediksi akan terus naik mengingat isu ini sudah menjadi atensi publik. Apalagi dua gubernur yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat telah membuat instruksi penutupan gerai di wilayahnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Mengumumkan Tersangka Baru : Irjen Ferdy Sambo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:01 WIB

Penemuan Chirodectes Maculatus Memicu Minat Ilmuwan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:19 WIB

AJI Tuduh Kominfo Mencatut Logo, Tuntut Minta Maaf

Minggu, 31 Juli 2022 | 09:10 WIB
X