Ini Makna Kehadiran Ibu Negara Dampingi Jokowi ke Ukraina

- Rabu, 29 Juni 2022 | 11:56 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara,Iriana Joko Widodo melakukan perjalanan ke Ukraina  (Dok Seskab)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara,Iriana Joko Widodo melakukan perjalanan ke Ukraina (Dok Seskab)

HALLO LIFESTYLE - Kehadiran Ibu Negara, Iriana Joko Widodo menunjukkan kuatnya diplomasi damai yang dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Ukraina. Di samping itu terdapat dua makna lain di balik kehadiran tersebut.

Menurut pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib, terdapat tiga makna kehadiran Ibu Negara Iriana dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

"Pertama, ini merupakan simbol diplomasi damai atau soft diplomacy dari Pak Jokowi. Untuk menunjukkan bahwa Indonesia beriktikad baik dengan simbol mengajak istri atau ibu negara," kata Ridwan, yang merupakan Direktur Lembaga Strategi Inteligensia Indonesia, seperti dikutip HalloLifestyle dari Antara, Rabu, 29 Juni 2022.

Sosok keibuan Ibu Negara, menurut Ridwan, dentik dengan makna damai, lembut, dan antikekerasan.

"Maknanya dalam karena menonjolkan sisi diplomasi lembut seorang Ibu," ujar Ridlwan.

Terlebih, lanjut dia, Indonesia juga membawa bantuan kemanusiaan atau humanitarian aid yang dibawa serta dalam rangkaian kereta api.

Makna yang kedua, menurut Ridwan, Presiden menunjukkan kepada dunia bahwa dukungan nyata harus diwujudkan dalam bentuk keberanian bertindak.

"Presiden Jokowi sangat berani karena mengajak Ibu Iriana memasuki suatu negara yang dilanda perang. Risikonya sangat tinggi, tapi tetap mantap masuk," kata pengamat militer dan intelijen UI itu.

Makna ketiga, kata dia, Ibu Iriana adalah sumber kekuatan dan kemantapan hati seorang Presiden dalam melangkah. Dalam terminologi Jawa, menurut dia istri disebut "garwa", sigaraning nyawa, separuh nyawa.

Halaman:

Editor: Akni Pamedang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Mengumumkan Tersangka Baru : Irjen Ferdy Sambo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:01 WIB

Penemuan Chirodectes Maculatus Memicu Minat Ilmuwan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:19 WIB

AJI Tuduh Kominfo Mencatut Logo, Tuntut Minta Maaf

Minggu, 31 Juli 2022 | 09:10 WIB
X