Setelah Viral, Aturan Tentang Ganja Medis Didorong Masuk Revisi UU Narkotika

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:31 WIB
Aksi seorang ibu yang membutuhkan ganja medis untuk pengobatan anaknya
Aksi seorang ibu yang membutuhkan ganja medis untuk pengobatan anaknya

HALLO LIFESTYLE - Penggunaan ganja untuk keperluan medis didorong untuk masuk dalam revisi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Tak tanggung-tanggung, dorongan tersebut datang dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Hal tersebut sebagai respons atas permasalahan yang dihadapi seorang ibu bernama Santi Warastuti. Dia menemui Dasco guna mengadukan persoalan kesehatan anaknya, Pika, yang menderita celebral palsy. Sang buah hati membutuhkan ganja medis untuk keperluan pengobatan.

Sebelumnya, aksi menggelar poster yang dilakukan Santi viral di media sosial. Dalam aksinya, dia menggelar poster berisi permohonan pelegalan ganja medis untuk pengobatan anaknya, yang menderita celebral palsu.

"Kami akan mengambil langkah-langkah untuk mendorong Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR yang kebetulan sedang membahas revisi UU Narkotika," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2022.

Dasco menjelaskan RDP tersebut akan dilaksanakan secepatnya yaitu pada pekan ini atau paling lambat sebelum masa reses DPR yang dimulai pada pekan depan.

"Kalau sempat RDP pada pekan ini, namun kalau tidak maka sebelum reses dilaksanakannya," ujarnya.

Dasco menjelaskan RDP tersebut kemungkinan akan melibatkan Kementerian Kesehatan namun akan dikoordinasikan oleh Komisi III DPR.

Dia mengakui ada pihak yang pro dan kontra terkait usulan penggunaan ganja untuk medis, namun DPR akan menampung semua aspirasi tersebut.

Halaman:

Editor: Akni Pamedang

Tags

Terkini

Polri Mengumumkan Tersangka Baru : Irjen Ferdy Sambo

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:01 WIB

Penemuan Chirodectes Maculatus Memicu Minat Ilmuwan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:19 WIB

AJI Tuduh Kominfo Mencatut Logo, Tuntut Minta Maaf

Minggu, 31 Juli 2022 | 09:10 WIB
X