UU Cipta Kerja Bertentangan Dengan UUD, Menurut MK

- Kamis, 25 November 2021 | 16:35 WIB
Mahkamah Konstitusi nyatakan UU Cipta Kerja cacat secara formil. (Tangkapan Layar YouTube Mahkamah Konstitusi RI)
Mahkamah Konstitusi nyatakan UU Cipta Kerja cacat secara formil. (Tangkapan Layar YouTube Mahkamah Konstitusi RI)

HALLO LIFESTYLE - Mahkamah Konstitusi (MK) hari Kamis ini menyatakan bahwa UU Cipta Kerja atau Omnibus Law tidak memiliki kekuatan mengikat dan memerintahkan pemerintah dan DPR untuk segera memperbaiki UU tersebut.

Keputusan itu dikeluarkan dalam sidang uji formil terhadap UU Cipta Kerja (UU No. 11/2020) menyusul pengajuan oleh Tim Advokasi Gugat Omnibus Law beberapa waktu yang lalu.

Menurut keputusan MK, pembentukan UU Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai “tidak dilakukan perbaikan dalam waktu 2 tahun sejak putusan diucapkan”.

Baca Juga: Reformasi Struktural Dan Sinergi Amat Krusial Untuk Pemulihan Ekonomi, Kata Sri Mulyani 

UU Cipta Kerja masih tetap berlaku sampai dengan dilakukan perbaikan pembentukan sesuai dengan tenggang waktu sebagaimana yang telah ditentukan. Apabila dalam tenggang waktu tersebut tidak dilakukan perbaikan maka Undang-Undang Cipta Kerja menjadi inkonstitusional secara permanen.

MK juga memerintahkan untuk menangguhkan segala tindakan atau kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas serta tidak dibenarkan pula menerbitkan peraturan pelaksana baru yang berkaitan dengan UU Cipta Kerja.

Mengomentari keputusan itu, Janses E. Sihaloho, selaku kuasa hukum menyampaikan bahwa keputusan MK tersebut sudah cukup tepat. “UU Cipta Kerja dalam proses pembentukkannya  memang telah telah banyak melanggar syarat-syarat pembentukan suatu undang-undang [syarat formil],” katanya dalam pernyataan tertulis.

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Terkini

Ini Yang Terjadi Saat PPKM Jakarta Naik ke Level 2

Selasa, 30 November 2021 | 13:13 WIB

Hari Ini, Sejumlah Kota Besar di Indonesia Cerah Berawan

Selasa, 30 November 2021 | 07:25 WIB

PSI Walkout Dari Sidang DPRD, Kritisi RAPBD 2022

Minggu, 28 November 2021 | 14:38 WIB

Konsumsi Listrik Tinggi, Isyarat Ekonomi Mulai Pulih?

Minggu, 28 November 2021 | 11:25 WIB
X