Lithuania Perintahkan Warganya Untuk Membuang Xiaomi. Berikut Ini Alasannya

- Jumat, 24 September 2021 | 11:38 WIB

HALLO LIFESTYLE - Xiaomi, merek smartphone asal China, tumbuh pesat dan sangat populer di seluruh dunia. Per kuartal kedua tahun ini, Xiaomi bahkan mengalahkan Apple, menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Samsung.

Menurut firma analis Canalys, seperti dikutip CNBC, pangsa pasar Xiaomi mencapai 17 persen, di atas Apple yang mencatatkan 14 persen dan di bawah Samsung 19 persen. Semua ini menjadi kabar sedap bagi Xiaomi.

Namun, kabar tidak semuanya sedap bagi Xiaomi.

Kabar tak sedap datang dari Lithuania baru-baru ini. Menurut The Register, Badan Keamanan Siber Nasional (NCSC) Lithuania telah memerintahkan warga negaranya untuk membuang produk elektronik Xiaomi karena khawatir perusahaan China itu bisa mengaktifkan fungsi sensor.

Badan Keamanan Siber itu secara khusus menyebut firmware Mi 10T 5G di perangkat genggam, yang dikhawatirkan bisa men-sensor istilah-istilah seperti "Free Tibet", "Long live Taiwan independence" atau "democracy movement".

Wakil Menhan Margiris Abukevicius menyatakan ke jurnalis lokal,”Saya menyarankan agar tidak membeli telepon buatan China dan segera membuang yang terlanjur dibeli.”

Meskipun setting penyensoran itu bisa dinon-aktifkan di produk telepon yang dijual di wilayah Eropa, NCSC menyatakan mereka percaya bahwa pada saat sistem app diaktifkan di Xiaomi Mi 10T, app ini akan otomatis terhubung dengan server di Singapura dan mengunduh file tertentu.

File ini berisi daftar lebih dari 400 istilah, termasuk "free Tibet", "89 Democracy Movement" (mengacu ke Tiananmen Square) dan "long live Taiwan's independence".

Jurubicara Xiaomi menegaskan, “Perangkat Xiaomi tidak melakukan sensor komunikasi antar pengguna. Xiaomi tidak pernah dan tidak akan memblokir kebiasaan pengguna smartphone, misalnya dalam pencarian, melakukan panggilan maupun browsing internet. Xiaomi menghargai dan melindungi hak semua pengguna.”

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Terkini

Satu Oktober Besok Hari Oma Opa Internasional

Jumat, 30 September 2022 | 17:11 WIB

Margot Robbie Kenakan Baju Retro Demi Premier Amsterdam

Selasa, 20 September 2022 | 13:10 WIB
X