Prompt Engineering, Keterampilan Baru Yang Wajib Di Era Artificial Intelligence

- Senin, 23 Januari 2023 | 09:35 WIB
ChatGPT Open AI (ilustrasi chatGPT)
ChatGPT Open AI (ilustrasi chatGPT)

HALLO LIFESTYLE - Kecerdasan Buatan, atau AI, seperti memiliki robot pelayan yang dapat melakukan semua hal yang membosankan untuk Anda. Sebut saja mencuci piring, melipat cucian dan bahkan membuatkan Anda roti lapis plus selai didalamnya.

Namun, alih-alih pelayan robot, AI merupakan program komputer yang dapat melakukan hal-hal seperti mengenali perintah suara, merekomendasikan lagu-lagu pilihan, menulis email penawaran produk bahkan menggambar apapun yang Anda imajinasikan.

Anggap saja seperti memiliki sahabat karib yang selalu ada untuk membantu Anda, kecuali ia tidak mengeluh atau meminta kenaikan gaji. Seperti memiliki jin dalam komputer, tanpa risiko terjebak dalam lampu untuk selamanya.

ChatGPT, GPT-3, DALLE, MidJourney, Stable Diffusion adalah nama-nama yang tidak asing lagi di telinga kita. Mereka muncul di setiap perbincangan tentang AI dewasa ini.

Apa kesamaan dari semua model AI ini? Selain terlalu mahal untuk dibuat dan sangat rumit untuk dipahami, semua model tersebut adalah model yang bisa digunakan oleh orang biasa seperti kita untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa atau bahkan membuat produk melalui perintah.

Prompting adalah satu-satunya keterampilan yang Anda perlukan untuk menjadi master dari model-model generatif baru yang besar dan kuat ini, apakah itu untuk menghasilkan cerita yang keren, gambar yang luar biasa, atau fitur keren apa pun seperti rangkuman teks atau alat editor video otomatis.

Hasil dari model-model ini semakin membaik seiring berjalannya waktu, tetapi sering kali sulit untuk mendapatkan apa yang Anda cari.

Meskipun hal ini juga terus membaik, namun cara terbaik untuk memanfaatkan potensi model-model besar ini adalah dengan menjadi seorang prompt engineer yang lebih baik.

Tetapi, apakah yang dimaksud dengan prompt engineering?

Singkatnya, prompt adalah sekumpulan instruksi atau perintah yang diberikan kepada algoritm pembelajaran mesin yang digunakan untuk menghasilkan output tertentu.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Tumis Jamur Sawit Kemangi, Lezatnya Tak Terduga

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:05 WIB

Resep Tumis Kol Sosis, Sederhana Hanya Dua Bahan

Minggu, 29 Januari 2023 | 06:05 WIB

Resep Tumis Kubis Ebi, Enak dan Praktis

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:35 WIB

Resep Tumis Ayam Cabe Ijo, Sederhana Nggak Pake Lama

Jumat, 27 Januari 2023 | 13:15 WIB
X