Koleksi Nama Bayi Perempuan dari Tokoh Wayang Paling Indah dan Tidak Pasaran

- Senin, 12 September 2022 | 14:05 WIB
Wayang Dewi Amba
Wayang Dewi Amba

HALLOLIFESTYLE – Ini dia koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang yang dapat Anda jadikan rujukan mencarikan nama yang tepat, indah dan artistik bagi buah hati Anda tercinta. Tak hanya bagi masyarakat Jawa, nama dari tokoh wayang juga dapat menjadi sumber inspirasi nama bayi bagi masyarakat selain Jawa.

Koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang ini tentu saja kami pilihkan berdasarkan tokoh protagonist yang pada umumnya memiliki sifat-sifat yang baik atau positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan, nama yang dipilih orangtua menjadi doa yang harum bagi masa depan sang buah hati.

Untuk itu, koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang yang kami sajikan kali ini diambil dari kisah wayang bersumber Kitab Mahabharata, Ramayana, serta dari sumber lain berdasarkan inovasi kreatif kebudayaan di beberapa daerah. Dari kitab Mahabharata ada tokoh-tokoh di pihak Pandawa, sedangkan di tokoh Ramayana Sebagian dari pihak Rama.

Baca Juga: 100 Nama Bayi Laki-laki Tampan Bahasa Arab, Perancis, Ibrani, China, Indonesia

Nah, ini dia koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang yang dikutip dari berbagai sumber :
1. Agni
Memiliki makna sebagai api penyemangat hidup untuk orang-orang di sekelilingnya. Dalam dunia pewayangan Agni dapat juga sebagai sosok yang selalu bercahaya.
2. Amba
Dalam kitab Ramayana, Amba adalah nama singkat atau nama panggilan dari tokoh Ambarwati yang memiliki makna perempuan yang aromanya harum, cerdas dan penuh rasa percaya diri.
3. Ambalika
Selain Ambarwati, nama bayi perempuan dari tokoh wayang berdasarkan Kitab Ramayana adalah nama Ambalika. Dikisahkan, Ambalika merupakan adik dari Ambarwati, putri Raja Kasya dari Kerajaan Kasi, dan istri Wicitrawirya yang juga Raja Hastinapura. Secara makna, Ambalika juga berarti sosok yang keibuan, lemah lembut dan penuh kasih sayang.
4. Anila
Anila memiliki makna angin, dan bersifat pekrja keras, pintar dan cerdik serta menarik.
5. Anjani
Cantik, penuh berkah, tekun, ulet, rajin dan tidak kenal menyerah.
6. Anjasmara
Tak hanya wayang yang bersumber dari Kitab Mahabarata dan Ramayana, koleksi nama bayi kali ini juga dilengkapi dengan koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang yang bersumber dari wayang klitik. Seperti nama bayi Anjasmara yang berarti indah dan merdu suaranya. Anjasmara dalam wayang klitik dikisahkan sebagai putri dari Patih Lohgender di Kerajaan Majapahit.
7. Antakawulan
Dalam Kitab Mahabharata Arjuna dikenal sebagai salah satu ‘personel’ pihak Pandawa yang paling tampan sehingga bikin banyak wanita tergila-gila. Jika digambarkan secara fisik, Arjuna seperti halnya Ariel yang kini menjadi vokalis NOAH Band, tidak tinggi besar tapi memiliki paras tampan, berkulit putih bersinar.
Nah, salah satu wanita cantik yang menjadi istri Arjuna adalah sosok Antakawulan. Selain berparas cantik dan bercahaya bak cahaya rembulan, Antakawulan juga dikisahkan memiliki sifat yang mencintai keluarga, lemah lembut, gemulai dan baik-baik saja.
8. Arimbi
Istri Bima yang akhirnya melahirkan sosok Gatotkaca. Tak hanya cantik, Arimbi juga bermakna memiliki budi pekerti yang baik.
9. Aswani
Diambil dari tokoh Dewi Aswani, bidadari dari Suralaya yang dinikahi Kumbakarna yang memiliki sifat pantang menyerah.
10. Astuti
Astuti adalah nama salah satu dewi dalam tradisi Hindu dan Jawa. Astuti memiliki makna perempuan yang terpuji.
11. Badrahini
Badrahini adalah ibu mertua Arjuna. Dalam pewayangan, Badrahini bermakna perempuan yang bertanggungjawab. Bidadari keturunan Batara Brahmana ini adalah istri Prabu Basudewa.
12. Citrawati
Canti, penuh kelembutan dan murah hati. Begitulah sifat Citrawati. Kasihnya selalu mengalir seperti sungai.
13. Damayanti
Tak hanya mempunyai anak laki-laki yang sakti mandraguna yakni Gatotkaca, Bima atau Werkudara ternyata juga mempunyai seorang putri bernama Damayanti. Perempuan ini digambarkan memiliki sifat sopan tapi berpikiran logis.
14. Dresanala
Diambil dari nama Dewi Dresanala, putri Dewa Api bernama Batara Brama. Wanita tanggguh ini juga menikah dengan Arjuna sebagai hadiah dari Batara Brama karena telah mengalahkan musuhnya. Dari pernikahan dengan Arjuna itulah, maka kemudian lahirlah Wisanggeni.
15. Gandari
Anak dari Raja Subala dalam cerita Mahabharata ini memiliki sifat setia, berbakti kepada suami, dan mempunyai paras yang cantik.
16. Gandawati
Selain Srikandi dan Subadra, Gandawati juga salah satu istri Arjuna. Dewi Gandawati merupakan seorang putri yang sangat cantik, luhur budinya, bijaksana, sabar, teliti serta setia. Dia sangat berbakti kepada suaminya.
17. Kamaratih
Dewi Ratih atau Kamaratih adalah istri dari dewa cinta Kamajaya. Dewi Ratih digambarkan sangat cantik, setia, murah hati, dan sopan. Kisah Kamaratih dan Kamajaya ini sering dijadikan lambang kerukunan suami istri, karena mereka selalu harmonis dan bisa menyelesaikan masalah rumah tangganya dengan baik.
18. Kunti
Dalam kisah Mahabarata, Dewi Kunti memiliki nama kecil Pritha, dan Kunti adalah ibu para pandawa. Memiliki sifat tulus dan berpikiran terbuka.
19. Pregiwati
Pregiwati merupakan anak Arjuna dalam wayang Jawa. Ciri khasnya adalah sabar, sopan, serta jujur.
20. Pritha
Pritha adalah nama kecil Dewi Kunti yang berarti sopan, berpikiran terbuka, lembut, dan tulus.
21. Sembadra
Sembadra merupakan adik perempuan Krisna yang dinikahi Arjuna. Sembadra dikenal bersifat lembut, anggun, tenang, cantik, tapi tegas.
22. Sinta
Sinta adalah tokoh dalam cerita Ramayana dan merupakan istri dari Rama. Bermakna kesuburan, Sinta juga dikenal memiliki sifat berani, suci, berwajah cantik dan sopan.
23. Srikandi
Istri Arjuna yang paling pemberani, bersuara nyaring, percaya diri, pintar memanah, tapi juga lembut dan keibuan.
24. Trijata
Trijata merupakan putri sulung Arya Wibisana dari negara Alengka dan Dewi Triwati. Dewi Trijata mempunya sifat yang sopan, murah hati, dan sabar. Trijata menjadi teman Sinta saat Sinta menjadi tawanan Dasamuka.
25. Utari
Utari atau Uttara dalam bahasa Sansekerta adalah istrinya Abimanyu, anak Arjuna. Arti nama Utari adalah sabar, cahaya, dan harapan. Memberikan nama ini berarti mendoakan si kecil kelak menjadi perempuan yang bisa diandalkan dan sabar menghadapi masalah.

Baca Juga: Koleksi Nama Bayi Jawa Laki laki dan Perempuan Keren, dari yang Kebarat baratan hingga Kecina cinaan

Demikian tadi koleksi nama bayi perempuan yang bersumber dari tokoh wayang. Sebagaimana beberapa unsur dalam kesenian wayang, nama-nama tokoh wayang memiliki sifat luwes jika digabungkan dengan nama dari Bahasa lain. Sebut saja nama bayi Islam maupun nama bayi dari Bahasa Ibrani, Yunani, bahkan nama Baptis.

Semoga koleksi nama bayi perempuan dari tokoh wayang ini bermanfaat bagi Anda yang saat ini mencari nama bayi yang tepat sembari menunggu kelahiran sang buah hati tercinta. ***

Editor: Wira Pinuji

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aespa Akan Hadiri Acara Givenchy Di Paris Fashion Week

Jumat, 30 September 2022 | 09:10 WIB

Film Horor Smile Tayang di Bioskop, Senyummu Membunuhku!

Kamis, 29 September 2022 | 13:05 WIB
X