Satu Warga Jateng Diduga Cacar Monyet, Ini Gejalanya!

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:25 WIB
Cacar monyet monkeypox (News Medical Net)
Cacar monyet monkeypox (News Medical Net)

HALLO LIFESTYLE - Satu warga Jawa Tengah diduga terjangkit cacar monyet atau monkeypox, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bentuk Satgas Cacar Monyet untuk cegah penularan wabah tersebut di Tanah Air.

Ketua Satgas Cacar Monyet PB IDI, dr Hanny Nilasari menjelaskan bahwa IDI akan membuat Satgas untuk cacar monyet dan hepatitis akut yang berisikan anggota organisasi profesi IDI.

"Kami akan membuat Satgas yang berisikan anggota organisasi profesi IDI. Ini diharapkan dapat mengantisipasi penyakit pandemi maupun endemic. Termasuk juga penyakit hepatitis akut dan cacar monyet," jelas dr Hanny Nilasari, belum lama ini.

Baca Juga: WHO Menyatakan Cacar Monyet Monkeypox Darurat Internasional

Untuk mencegah penyebaran wabah cacar monyet lebih lanjut, IDI juga akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan berbagai organisasi kedokteran lainnya.

Organisasi kedokteran itu mencakup Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (PERDOSKI).

Selain itu, juga ada Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI dan Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS Patklin).

Baca Juga: Soal Cacar Monyet, Kebutuhan Untuk Vaksinasi Massal Tidak Mendesak, Kata WHO

"Kami dari Satgas PB IDI akan membantu dan akan selalu berkolaborasi dengan Kemenkes tentunya terkait info dan hal-hal yang terjadi belakangan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Porsche Macan Ke Bentley Mulliner Batur

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB

Arsenal Akan Rekrut Yeremy Pino Villareal

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:10 WIB

Huh Yunjin LE SSERAFIM Mulai Aktif Di Instagram

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:10 WIB

Resep Rendang Ayam, Dijamin Anti Gagal

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:07 WIB

Resep Ayam Betutu, Mudah Bikinnya, Lezat Rasanya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:05 WIB
X