Konferensi Jurnalisme Data Dan Komputasi Pertama Di Indonesia dan Asia Tenggara Dimulai

- Rabu, 27 Juli 2022 | 10:29 WIB
Utami Diah Kusumawati, Project Officer DCJ-CI 2022, menyampaikan perihal acara. (Adnuri Mohamidi)
Utami Diah Kusumawati, Project Officer DCJ-CI 2022, menyampaikan perihal acara. (Adnuri Mohamidi)

HALLO LIFESTYLE - Hari ini konferensi jurnalisme data dan komputasi pertama, tidak saja di Indonesia tapi juga Asia Tenggara, diselenggarakan di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang Selatan.

Konferensi ini berlangsung secara hybrid dan dwibahasa yang mempertemukan para praktisi dan akademisi di industri media.

 

Mengutip data riset Dewan Pers terhadap 1.020 responden pada 2021 m danenunjukkan, 42,2% responden memilih faktor keberadaan data dan fakta sebagai penentu kepercayaan mereka pada suatu pemberitaan.

Jumlah ini lebih besar dibandingkan responden yang memilih faktor kepercayaan berdasarkan narasumber yang diwawancarai maupun nama besar media.

Tentu ini menjadi alarm bagi media untuk kembali fokus bukan hanya terhadap kecepatan, tetapi pada penyampaian fakta dan paparan yang lebih mendalam dibalik suatu informasi.

Di sisi lain, sederet tantangan masih menjadi kendala penerapan jurnalisme data di berbagai dunia.

State of Data Journalism Survey 2021 melaporkan penemuan yang mengejutkan bahwa ada sejumlah hambatan utama bagi jurnalis data, di antaranya akses ke data berkualitas (56%), diikuti oleh kendala waktu (49%), dan kurangnya sumber dana (47%). Di posisi keempat, survei tersebut menemukan kurangnya keterampilan analisis data yang memadai (44%).

Hal itu menunjukkan bahwa jurnalis data dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan lebih banyak pelatihan dan pertemuan-pertemuan serupa. 

Pembicara pertama di konferensi ini adalah Adolfo Arranz (Senior Graphics Editor di Reuters) yang memaparkan peristiwa pandemik pertama kali di Wuhan, Tiongkok.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Terkini

Dari Porsche Macan Ke Bentley Mulliner Batur

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:10 WIB

Arsenal Akan Rekrut Yeremy Pino Villareal

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:10 WIB

Huh Yunjin LE SSERAFIM Mulai Aktif Di Instagram

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:10 WIB

Resep Rendang Ayam, Dijamin Anti Gagal

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:07 WIB

Resep Ayam Betutu, Mudah Bikinnya, Lezat Rasanya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:05 WIB
X