Apakah Anjing Benar-Benar Buta Warna?

- Senin, 20 Juni 2022 | 20:36 WIB
Indera penciuman anjing (Barkingroyalty.com)
Indera penciuman anjing (Barkingroyalty.com)

HALLO LIFESTYLE - Sementara untuk waktu yang lama diterima sebagai fakta bahwa anjing hanya bisa melihat dalam warna hitam dan putih, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa tidak demikian. Tapi warna apa yang bisa dilihat anjing, dan mengapa mereka tidak melihat seperti kita? Baca terus untuk mengetahui semua tentang penglihatan anjing dan bagaimana anjing Anda memandang dunia mereka.

Apakah Anjing Buta Warna?

Teori yang dulu dipercaya secara luas bahwa anjing melihat segala sesuatu dalam hitam dan putih telah terbukti salah, kenyataannya adalah bahwa anjing melihat spektrum warna yang mirip dengan manusia dengan buta warna merah-hijau, kata the Klub Kennel Amerika (AKC). Sedangkan mata manusia dengan penglihatan normal mengandung tiga reseptor warna, yang disebut kerucut, yang melihat spektrum penuh dari spektrum cahaya tampak, orang dengan buta warna merah-hijau hanya memiliki dua kerucut, yang membuat mereka tidak dapat melihat merah dan hijau.

Baca Juga: 5 Ras Anjing Terbaik Untuk Pecinta Anjing Yang Alergi Dengan Bulu

Mata anjing hanya memiliki dua kerucut. Ini berarti bahwa mereka tidak hanya tidak dapat melihat warna merah atau hijau, tetapi mereka juga tidak dapat melihat warna yang mengandung salah satu dari warna tersebut, seperti merah muda, ungu, dan oranye. Anjing juga tidak dapat melihat perubahan halus dalam kecerahan atau bayangan warna.

Warna Apa yang Dapat Dilihat Anjing?

Anjing dapat melihat warna kuning, biru dan coklat, serta berbagai warna abu-abu, hitam dan putih. Artinya, jika anjing Anda memiliki mainan berwarna merah, ia akan tampak berwarna cokelat, sedangkan mainan berwarna oranye yang merupakan campuran merah dan kuning akan tampak berwarna kuning kecoklatan. Ini juga berarti bahwa jika Anda ingin sepenuhnya melibatkan semua indra anjing Anda selama waktu bermain, Anda harus mencari mainan yang berwarna biru atau kuning sehingga mereka akan menonjol dari warna cokelat dan abu-abu yang lebih kusam di bidang penglihatan anjing Anda. Ini bisa membantu menjelaskan mengapa anjing sangat menyukai bola tenis kuning cerah itu.

Teori Penglihatan Hitam Putih

Jika anjing dapat melihat warna-warna tertentu, lalu dari mana datangnya gagasan bahwa mereka hanya melihat dalam warna hitam dan putih? Keyakinan itu, kata AKC, dapat dikaitkan dengan pendiri National Dog Week Will Judy, yang menulis dalam manual pelatihan tahun 1937 bahwa kemungkinan besar anjing hanya bisa melihat dalam bayangan hitam dan abu-abu. Para peneliti di tahun 1960-an mengabadikan mitos tersebut dengan membuat hipotesis yang salah bahwa primata adalah satu-satunya hewan yang mampu melihat warna. Keyakinan ini bertahan tentang anjing sampai baru-baru ini, pada tahun 2013, peneliti Rusia menantang pertanyaan, "Apakah anjing buta warna?" Mereka membuktikan bahwa anjing dapat melihat dan membedakan antara kuning dan biru, lapor Smithsonian.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Titik Pijat Masuk Angin, Coba dan Lihat Hasilnya

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:47 WIB
X