Tahun Baru Imlek: Berikut Ini Beberapa Pantangan Menjelang Imlek

- Selasa, 25 Januari 2022 | 19:57 WIB
Ucapan Tahun Baru Imlek (Istimewa)
Ucapan Tahun Baru Imlek (Istimewa)

HALLO LIFESTYLE - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek sangat beragam.

Tahun ini, perayaan Imlek dirayakan pada awal bulan Februari tepatnya tanggal 1 Februari 2022. Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang tahun baru Macan Air ini, namun selain persiapan untuk acara Imlek ternyata ada juga pantangan-pantangan yang harus dijalani.

Apa saja pantangannya?

Pantang Makan Bubur

Jika kue keranjang dan jeruk menjadi makanan khas saat Imlek, lain halnya dengan bubur. Bubur menjadi makanan yang pantang disajikan ketika Imlek. Bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan dan tidak mendapat rejeki.

Dilarang Membalik Ikan Saat Menyantapnya

Dalam tradisi Imlek, dilarang untuk mengambil daging ikan pada bagian bawah. Tidak hanya itu, Ikan juga harus disisakan untuk dimakan dan dinikmati keesokan harinya. Masyarakat Tionghoa percaya kalau kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek: Beberapa Tradisi Yang Dilakukan Dalam Menyambut Imlek

Dilarang Memecahkan Keramik Atau Gelas

Memecahkan benda-benda dipercaya menghancurkan koneksi untuk kemakmuran dan kekayaan seseorang. Jika piring atau mangkuk terjatuh dan pecah, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan frasa keberuntungan. Ada yang mengatakan sui sui ping an yang artinya meminta pedamaian dan keamanan setiap tahun. Setelah Imlek, buang pecahan yang terbungkus ke dalam danau atau sungai.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X