Varian Baru Covid Muncul Di Afrika, Inggris Berlakukan Larangan Kunjungan Dari 6 Negara

- Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB
Paspor (GBNews)
Paspor (GBNews)

HALLO LIFESTYLE - Seiring dengan munculnya varian Covid-19 baru di Afrika, pemerintah Inggris memutuskan untuk melarang pelancong dari enam negara Afrika berkunjung ke negeri Ratu Elizabeth sebagai antisipasi.

Larangan kunjungan dikenakan pada orang dari enam negara Afrika karena meningkatnya kekhawatiran atas varian baru virus yang menyebabkan Covid-19. Menurut para pejabat, varian baru ini dianggap "yang terburuk yang pernah kita lihat sejauh ini".

Pejabat Inggris menyatakan pada Kamis malam bahwa varian baru B.1.1.529 ini berpotensi bisa menular ke orang-orang yang sudah divaksin atau yang pernah terinfeksi sebelumnya.

Baca Juga: Tak Ingin Covid-19 Meledak Seperti di Eropa, Jokowi Beri Tiga Arahan Ini 

Menteri Kesehatan Sajid Javid menyatakan varian baru yang diidentifikasi di Afrika Selatan itu "lebih menular" daripada varian Delta dan membuat "vaksin yang ada saat ini kurang efektif".

Dia mengatakan bahwa penerbangan dari Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Botswana, Eswatini dan Zimbabwe akan ditangguhkan mulai Jumat tengah hari dan keenam negara akan dimasukkan dalam daftar merah.

Meskipun belum ada kasus yang ditemukan di Inggris, para pejabat menyuarakan keprihatinan atas peningkatan pesat dalam kasus-kasus di Afrika Selatan. Siapa pun yang telah tiba dari negara itu dalam 10 hari terakhir harus mengikuti tes oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Ketiga, 1.200 RS Rujukan Covid-19 Sudah Siaga 

Saat ini, sekitar 500 dan 700 orang melakukan perjalanan ke Inggris dari Afrika Selatan setiap hari, tetapi diperkirakan angka ini dapat meningkat saat liburan akhir tahun.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Terkini

Apakabar Grup Band Naif? Simak Jawaban Mr.Jarwo

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:55 WIB
X