Ayam Pelalah, Olahan Khas Bali yang Ngangeni

- Kamis, 25 Mei 2023 | 16:05 WIB
Ayam Pelalah Bali. (Pinterest)
Ayam Pelalah Bali. (Pinterest)

HALLOLIFESTYLE - Olahan ayam merupakan masakan yang populer dan banyak penggemarnya. Resep atau cara membuat olahan ayam pun mudah. Salah satunya ayam suwir suwir pedas.

Diketahui daging ayam mempunyai banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung protein, vitamin, dan nutrisi yang tinggi.

Beragam cara membuat atau resep olahan ayam yang mudah dan praktis. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ayam panggang, gulai ayam, ayam bacem, dan lainnya.

Baca Juga: Gulai Ayam, Mudah Bikinnya, Keluarga Pasti Suka 

Selain bisa diolah sebagai masakan rumahan, ada daginga ayam juga bisa diolah sebagai masakan ala rumah makan, restoran, ataupun masakan hotel.

Ada juga daging ayam dengan olahan tradisional yang kelezatannya sudah melegenda, seperti ayam panggang Wonogiri, ayam panggang Klaten, ayam ketawang, ayam betutu, ayam balado, dan lainnya.

Semuanya tentu saja menggoda selera. Apalagi jika olahan ayam ini disajikan dengan nasi hangat, sambal, lalapan atau pelengkap lain. Rasanya dijamin yummy.

Baca Juga: Ayam Ungkep Jawa Resepnya Mudah Banget, Dijamin Nggak Bosenin

Namun, sebelum mulai mengolah ayam panggang ada baiknya tahu cara membuat olahan ayam yang benar. Pertama, pilihlah ayam yang masih muda.

Sebab daging ayam muda rasanya lebih lezat dan tidak alot. Daging ayam muda juga gampang empuk sehingga bumbu gampang meresap.

Kedua, jangan menyimpan daging ayam terlalu lama di kulkas. Sebab jika terlalu lama disimpan, daging ayam akan rusak sehingga hasilnya tidak maksimal.

Baca Juga: Ayam Goreng Tepung ala Chef Devina Hermawan, Renyah Gurih Rasa Restoran 

Jika harus menyimpan daging ayam, simpanlah di kulkas paling lama dua hari. Lebih dari waktu itu, dipastikan keegaran daging ayam sudah berkurang.

Ketiga, rebus daging daging ayam dengan air perasan tebu atau air kelapa agar cepat empuk. Namun, kalau tidak ada juga bisa direbus dengan air biasa.

Halaman:

Editor: Mahesa Maheswara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oseng Mercon Usus Ayam, Gurih Pedas Mantab Jiwa

Kamis, 8 Juni 2023 | 11:45 WIB
X