Peneliti Menemukan Cara Mendeteksi Posisi dan Postur Tubuh Di Dalam Ruangan Lewat Sinyal Wifi

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:56 WIB
Perbandingan kualitatif dengan menggunakan gambar yang disinkronkan dengan sinyal WiFi (Jiaqi Geng, Dong Huang, Fernando De la Torre))
Perbandingan kualitatif dengan menggunakan gambar yang disinkronkan dengan sinyal WiFi (Jiaqi Geng, Dong Huang, Fernando De la Torre))

HALLO LIFESTYLE - Peneliti dari Universitas Carnegie Mellon menemukan ternyata Anda bisa menggunakan sinyal Wi-Fi untuk mendeteksi posisi dan postur tubuh orang di dalam ruangan.

Upaya ini mendorong para peneliti untuk mengembangkan program bertenaga Artificial Intellience (AI) yang dapat memetakan bagian tubuh seseorang dengan menginterpretasikan sinyal Wi-Fi di sebuah ruangan.

PCMag melaporkan, pendekatan mereka melibatkan penggunaan dua router internet siap pakai, yang harganya hanya sekitar $30, untuk mengukur sinyal Wi-Fi dari ujung-ujung ruangan yang berlawanan.

Dari makalah berjudul "DensePose From WiFi" yang ditulis oleh tiga peneliti (Jiaqi Geng, Dong Huang, Fernando De la Torre), menunjukkan bahwa sistem ini dapat mendeteksi postur tubuh seseorang dengan tingkat akurasi yang berbeda-beda.

Peneliti kemudian meminjam model AI yang sudah ada yang dapat memperkirakan pose tubuh dari gambar, tetapi menerapkannya pada "peta fitur" 2D yang dibuat dari sinyal Wi-Fi yang direkam.

Makalah para peneliti menyertakan hasilnya, dan menunjukkan bahwa sistem ini dapat mendeteksi postur tubuh seseorang dengan tingkat akurasi yang berbeda-beda.

Penginderaan WiFi dapat memberikan cara berbiaya rendah untuk memantau orang-orang yang rentan di rumah dengan privasi yang lebih besar daripada kamera.

Pengawasan dalam ruangan menjadi sangat berharga.

Baca Juga: Prompt Engineering, Keterampilan Baru Yang Wajib Di Era Artificial Intelligence

Sistem ini dapat membantu mengamankan individu yang rentan, seperti meningkatnya jumlah lansia yang tinggal sendirian atau para pasien di rumah sakit yang perlu dimonitor.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Google Sparrow Siap Menjadi Pesaing ChatGPT OpenAI

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:15 WIB
X