Google Sparrow Siap Menjadi Pesaing ChatGPT OpenAI

- Selasa, 17 Januari 2023 | 10:15 WIB
Google Deepmind
Google Deepmind

HALLO LIFESTYLE - ChatGPT telah menjadi viral dengan kemampuannya yang mengesankan, diluar kekhawatiran akan potensi negatifnya, untuk membantu semua orang.

Tetapi dimana posisi Google? Semua orang mempertanyakannya.

Anak perusahaan Google, DeepMind, mengatakan akan segera meluncurkan saingan ChatGPT. Dan chatbotnya menjanjikan jenis asisten Artificial Intelligence (AI) yang lebih aman.

DeepMind dikenal sebagai pelopor dalam penelitian AI selama dekade terakhir dan diakuisisi oleh Google sembilan tahun yang lalu.

Produk besutannya, AlphaGo, pernah membuat kagum banyak orang. Pada Oktober 2015, AlphaGo mengalahkan seorang pemain Go profesional untuk pertama kalinya.

AlphaGo adalah produk DeepMind, anak perusahaan Google yang dibentuk demi kepentingan pengembangan dan penelitian Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dan Machine Learning.

Namun, dengan ChatGPT mencuri berita utama baru-baru ini, CEO DeepMind Demis Hassabis mengatakan kepada Time bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk merilis chatbotnya sendiri, yang disebut Sparrow, untuk "beta pribadi" sekitar tahun 2023.

Dilansir dari TechRadar, Sparrow diperkenalkan ke dunia tahun lalu sebagai bukti konsep dalam makalah penelitian yang menggambarkannya sebagai "agen dialog yang berguna dan mengurangi risiko jawaban yang tidak aman dan tidak pantas".

Terlepas dari beberapa keraguan tentang potensi bahaya chatbots, yang menurut DeepMind termasuk "informasi yang tidak akurat atau diciptakan", tampaknya Sparrow bisa siap untuk segera terbang dalam bentuk beta.

Mengingat hubungan dekat DeepMind dengan Google, secara efektif bisa menjadi jawaban raksasa pencarian untuk ChatGPT.

Baca Juga: Ada Rumor GPT-4 Akan Dirilis Kuartal Pertama Tahun 2023 Ini

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Google Sparrow Siap Menjadi Pesaing ChatGPT OpenAI

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:15 WIB
X