Ada Rumor GPT-4 Akan Dirilis Kuartal Pertama Tahun 2023 Ini

- Selasa, 17 Januari 2023 | 09:28 WIB
 chat GPT (Open AI)
chat GPT (Open AI)

HALLO LIFESTYLE - Sejak tahun lalu beredar rumor kalau GPT-4 akan di rilis akhir tahun 2022 atau awal 2023 ini. Tetapi semuanya masih spekulasi karena hampir tidak ada pernyataan resmi untuk itu.

Sekarang CEO OpenAI Sam Altman telah angkat bicara.

The Decoder, media yang fokus pada isu Artificial Intelligence, mengungkap GPT-4 akan dirilis relatif segera. Mungkin pada kuartal pertama tahun 2023, dan akan menawarkan kinerja yang jauh lebih baik daripada GPT-3.5.

Rumor tentang ukuran model yang gila-gilaan ("100 triliun parameter") telah beredar di media sosial selama berminggu-minggu, tetapi tidak ada satu pun yang beralasan - atau dibenarkan.

Jika ada, beberapa bulan terakhir pengembangan AI dengan model seperti Chinchilla, Sparse Luminous Base atau ChatGPT OpenAI menunjukkan bahwa jumlah parameter bukanlah segalanya, tetapi arsitektur, kuantitas dan kualitas data juga memainkan peran utama dalam pelatihan.

Salah satu pendiri OpenAI, Sam Altman, mengatakan pada September 2021 bahwa GPT-4 mungkin tidak menjadi jauh lebih besar dari GPT-3.

Sebaliknya, kemajuan harus datang dari data berkualitas lebih tinggi, algoritma yang lebih baik, dan fine-tuning yang lebih tepat - persis seperti yang ditunjukkan GPT-3.5 dan ChatGPT sekarang. GPT-4 juga akan mampu menangani lebih banyak konteks.

Pada acara modal ventura, Altman berbicara lagi tentang GPT-4 yang akan datang, dengan mengatakan bahwa model baru tidak akan muncul sampai bisa dilakukan "dengan aman dan bertanggung jawab."

Itu bukan berita sejauh ini; OpenAI telah mengatakan itu sejak GPT-2.

Altman menambahkan, bagaimanapun, bahwa OpenAI akan "merilis teknologi jauh lebih lambat daripada yang diinginkan orang."

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Terkini

Google Sparrow Siap Menjadi Pesaing ChatGPT OpenAI

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:15 WIB
X