Mesin Pencari Alternatif Yang Melindungi Privasi Anda

- Senin, 19 September 2022 | 09:44 WIB
Ilustrasi data privacy (Photo by Pixabay)
Ilustrasi data privacy (Photo by Pixabay)

HALLO LIFESTYLE - Setelah banyaknya kasus data breach atau kebocoran data, perhatian pengguna internet terhadap privasi dan keamanan data mereka menjadi meningkat.

Beberapa kasus serangan siber, dalam hal ini peretasan dan penjualan data pelanggan, belakangan mencuat ke publik. Tidak saja perusahaan besar yang menjadi korban, tapi juga badan pemerintah dan individu-individu.  

Menurut analisis Verizon tentang serangan siber di seluruh dunia, kesalahan manusia menjadi faktor utama dalam kebocoran data. Kesimpulan ini tertuang dari dokumen Laporan Investigasi Pelanggaran Data Verizon 2022 yang dirilis Mei tahun ini.

Pelanggaran privasi paling awal terjadi ketika Anda menggunakan mesin pencari. Apapun kata yang masuk di bilah pencarian, mesin pencari merekamnya. Mereka mungkin lebih mengetahui secara personal dibanding pasangan Anda sendiri.

Ketika mendengar kata "mesin pencari," mungkin kebanyakan orang berpikir Google sebagai pilihan yang paling banyak. Kata "Google" telah menjadi kata kerja-merek yang identik dengan fungsinya.

Tetapi meskipun mesin pencari Google bisa memberikan hasil yang sangat bagus, namun sama sekali tidak bagus untuk privasi pengguna.

Pada dasarnya Google adalah perusahaan periklanan. Browser Chrome dan mesin pencarinya hanyalah alat untuk mengumpulkan data-data Anda dan kemudian menggunakannya untuk menjual ruang iklan yang sangat bertarget.

Jika Anda masuk ke Google dan menonton video di YouTube, Google merekamnya. Jika Anda menggunakan Google Maps untuk memetakan rute pulang, Google merekamnya. Ada laporannya pula yang dikirim rutin ke email.

Dan tentu saja, apapun yang Anda cari di google.com, ia mencatat apa yang Anda cari dan apa yang Anda klik.

Dengan Google, produk yang sebenarnya adalah Anda.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spesifikasi Gahar, iPhone 15 Ultra Bakal Segera Rilis?

Rabu, 28 September 2022 | 09:05 WIB

Rumor Bakal Dirilis 2023, Ini Bocoran Oppo Find X6 Series

Minggu, 25 September 2022 | 11:05 WIB

Bakal Dirilis 27 September, Ini Bocoran Xiaomi Civi 2

Sabtu, 24 September 2022 | 08:05 WIB
X