Norton Labs: Delapan Dari Sepuluh Situs Web Membocorkan Privasi Pengguna Ke Pihak Ketiga

- Jumat, 9 September 2022 | 14:43 WIB
Ilustrasi data privacy (Photo by Fernando Arcos (pexels.com))
Ilustrasi data privacy (Photo by Fernando Arcos (pexels.com))

HALLO LIFESTYLE - Menurut laporan UNCTAD, rata-rata pengguna internet yang melakukan pembelian secara online meningkat dari 53% sebelum pandemi (2019) menjadi 60% setelah dimulainya pandemi (2020/21), di 66 negara dengan statistik yang tersedia.

UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) adalah organ utama PBB yang menangani isu perdagangan, investasi dan pembangunan.

Data tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas e-commerce yang dipicu oleh pandemi COVID-19, dengan nilai penjualan online yang meningkat tajam, meskipun ada pelonggaran pembatasan di banyak negara.

Ternyata situasi ini dieksploitasi oleh situs-situs besar dengan mengorbankan privasi penggunanya.

Para peneliti keamanan dari Norton Labs menemukan bahwa sekitar delapan dari sepuluh situs teratas akan membocorkan istilah pencarian yang digunakan pengunjung mereka kepada pengiklan online seperti Google.

Seperti dilansir oleh situs Bleepingcomputer, praktik ini memiliki implikasi melanggar privasi dan membocorkan informasi sensitif ke jaringan besar pihak ketiga. 

Data ini dibagikan di antara anggota jaringan atau dijual ke lebih banyak entitas, sehingga pengguna tidak dapat memperkirakan eksposur mereka atau menghentikan penyebarannya.

Search (https://www.nortonlifelock.com/blogs/)

Lewat sebuah tangkapan layar, Norton Labs memberi contoh apapun yang dimasukan ke bilah pencarian, menjadi tambang emas yang bisa dimonetisasi pihak ketiga.

"Anda bisa mengetahui banyak hal tentang saya hanya dari enam pencarian ini: Saya tinggal di Santa Monica, saya sedang berpikir untuk membeli laptop baru, saya suka kopi, dan saya penggemar buku Murakami. Bahkan pencarian yang relatif jinak pun bisa memberikan gambaran yang jelas," tulis Norton Labs.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spesifikasi Gahar, iPhone 15 Ultra Bakal Segera Rilis?

Rabu, 28 September 2022 | 09:05 WIB

Rumor Bakal Dirilis 2023, Ini Bocoran Oppo Find X6 Series

Minggu, 25 September 2022 | 11:05 WIB

Bakal Dirilis 27 September, Ini Bocoran Xiaomi Civi 2

Sabtu, 24 September 2022 | 08:05 WIB
X