10 Cara Membuat Baterai Ponsel Anda Lebih Awet

- Kamis, 14 April 2022 | 21:18 WIB
Tips memperpanjang usaha baterai (The Independent)
Tips memperpanjang usaha baterai (The Independent)

HALLO LIFESTYLE - Siapa pun yang telah menggunakan ponsel selama bertahun-tahun mungkin akan menyadari bahwa masa pakai baterai ponsel tampaknya semakin pendek dari waktu ke waktu.

Mungkin hanya bertahan setengah hari bahkan setelah pengisian daya penuh. Itu karena setiap kali baterai lithium-ion ponsel Anda mengisi dan mengeluarkan energi, ia kehilangan berapa banyak daya yang dapat ditampungnya.

Bagaimana kita bisa menjaga baterai ponsel kita bekerja dalam kondisi prima selama mungkin?

Berikut 10 hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Jauhkan baterai ponsel anda dari 0% atau 100%

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa cara terbaik untuk menjaga baterai tetap sehat adalah dengan mengisi dan mengosongkannya sepenuhnya, yaitu dengan mencoba mengisi daya hingga 100% dan mengurasnya sepenuhnya. Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengkalibrasi baterai Anda membuatnya bekerja lebih baik.

Baca Juga: 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran

Ini adalah peninggalan dari jenis baterai yang lebih lama: baterai lithium-ion tidak bekerja dengan cara ini. Tidak ada memori baterai untuk dikalibrasi. Sebaliknya, Anda lebih menekankan baterai lithium-ion Anda dan memperpendek masa pakainya dengan melakukannya: mengosongkan baterai Anda sepenuhnya pada 100% dibandingkan dengan 60% dapat mengurangi separuh masa pakai baterai Anda .

Karena baterai lithium-ion paling tertekan saat terisi penuh atau terkuras penuh, pendekatan terbaik adalah pengisian sebagian. Idealnya Anda harus mengisi baterai Anda hingga sekitar 80% dan menghindarinya turun lebih rendah dari 30%. Jika ini tidak praktis, cobalah untuk mencapai maksimum 90% dan mulai mengisi daya ponsel Anda sebelum mencapai 20%.

  1. Hindari pengisian baterai Anda melebihi 100%

Meskipun membiarkan ponsel Anda mengisi daya semalaman adalah kebiasaan umum, itu sebenarnya dapat mempersingkat masa pakai baterainya. Ketika disimpan pada daya 100% baterai Anda tidak hanya mengalami stres yang lebih tinggi dari tegangan yang lebih tinggi, panas juga menumpuk dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Ini Telpon Pintar Atau Kamera Pro? Sony Luncurkan Xperia Pro-I

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spesifikasi Gahar, iPhone 15 Ultra Bakal Segera Rilis?

Rabu, 28 September 2022 | 09:05 WIB

Rumor Bakal Dirilis 2023, Ini Bocoran Oppo Find X6 Series

Minggu, 25 September 2022 | 11:05 WIB

Bakal Dirilis 27 September, Ini Bocoran Xiaomi Civi 2

Sabtu, 24 September 2022 | 08:05 WIB
X