Jangan Sepelekan Bakteri Mulut, Bahaya, Bisa Picu Sinusitis

- Selasa, 13 September 2022 | 12:46 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HALLO LIFESTYLE - Jika Anda ingin terhindar dari penyakit sinusitis, maka mulai detik ini rajinlah menjaga kebersihan mulut. Sebab, sinusitis bisa diawali oleh bakteri mulut yang memicu infeksi gigi.

Infeksi itu sendiri berkaitan dengan posisi anatomis akar gigi geraham.

Hal tersebut disampaikan oleh
dokter gigi spesialis konservasi gigi drg. Hanny Ilanda, Sp.KG. Menurut dokter gigi yang berpraktik di Dental Specialist Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah ini, sinus merupakan beberapa pasang ruang kosong yang terhubung ke rongga hidung.

Sementara sinus maksilaris adalah rongga sinus terbesar yang letaknya berada di bawah mata dan di atas gigi geraham rahang atas.

Akar gigi geraham rahang atas umumnya berada sangat dekat dengan dasar sinus maksilaris. Bahkan, pada beberapa kasus, ada yang akar giginya menyatu dengan dasar sinus.

"Posisi anatomis tersebutlah yang menyebabkan infeksi gigi yang meluas hingga ke akar bisa menyebabkan sinusitis," kata Hanny, seperti dikutip Antara, Selasa, 13 September 2022.

Begitu juga sebaliknya, radang yang terjadi pada sinus akan menyebabkan sakit pada gigi di bawahnya.

Menurut Hanny, apabila sudah terjadi kondisi ini, maka tak hanya perawatan pada gigi yang harus dilakukan, melainkan juga disertai dengan penanganan sinusitis dengan terapi antibiotik dan obat-obatan penunjang.

Dia mengatakan, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan demi mencegah masalah pada gigi termasuk infeksi dan gigi berlubang.

Halaman:

Editor: Akni Pamedang

Tags

Terkini

X