Jurnal : Akupunktur Bisa Kurangi Resiko Pra-Diabetes

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi Terapi Akupunktur Untuk Atasi Gangguan Tidur (Dok.CMC-Obatnews)
Ilustrasi Terapi Akupunktur Untuk Atasi Gangguan Tidur (Dok.CMC-Obatnews)

HALLO LIFESTYLE - Pengobatan alternatif banyak dipilih dan diminati para pasien dengan penyakit menahun atau yang khawatir dengan dampak pasca-operasi sebagai jalan untuk mencari kesembuhan. 

Ragam macamnya pun banyak sekali. Salah satunya adalah akupunktur. Terapi akupuntur dinilai lebih nyaman untuk dilakukan dibandingkan dengan pengobatan medis.

Sehingga tidak mengherankan jika metode yang sudah ribuan tahun ini tetap eksis di tengah inovasi pengobatan medis yang bermunculan dewasa ini.

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan alternatif dan komponen kunci dari pengobatan tradisional Tiongkok (TCM).

Cara pengobatan akupunktur dengan merangsang titik-titik saraf tertentu lewat jarum yang dimasukan ke dalam tubuh. Hipertensi, nyeri kronis, dan osteoporosis dipercaya dapat disembuhkan lewat akupunktur.

Eksistensi akupuntur sebagai pengobatan alternatif dapat bertahan hingga sekarang karena akupuntur turut berinovasi mengikuti perkembangan dunia medis dan terus menciptakan pengobatan yang lebih baik.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh pengobatan akupuntur adalah akupuntur medik yang menggabungkan akupuntur tradisional dengan kaidah ilmu medis modern. Kabar baiknya, tidak selalu menggunakan jarum. Ditambah dengan klaim yang ditunjang oleh penelitian ilmiah.

Sebuah studi terbaru mengungkap akupunktur dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya pra-diabetes, suatu kondisi yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Resep Herbal Bawang Putih dan Jahe Merah dr Zaidul Akbar, Obati Jantung Hingga Diabetes

Penelitian, yang diterbitkan bulan Juli 2022 di jurnal akademik Holistic Nursing Practice, menemukan bahwa akupunktur secara signifikan meningkatkan penanda kunci, seperti glukosa plasma puasa, glukosa plasma dua jam, dan hemoglobin terglikasi.

Halaman:

Editor: Adnuri Mohamidi

Artikel Terkait

Terkini

Minum Empat Cangkir Teh Sehari Bisa Mencegah Diabetes

Minggu, 18 September 2022 | 13:10 WIB

Jangan Takut, Yuk ke Dokter Gigi

Senin, 12 September 2022 | 21:10 WIB

Manfaat Madu Manuka Dapat Mengobati Infeksi Paru-Paru

Senin, 12 September 2022 | 16:10 WIB

Orang Perkotaan Beresiko Lebih Tinggi Terkena Skizofrenia

Minggu, 11 September 2022 | 19:53 WIB

Hati-hati, Ini Bahaya Depresi Jika Tak Tertangani

Minggu, 11 September 2022 | 09:20 WIB

Terapkan Gaya Hidup Sehat, Maka Jantungmu Akan Selamat

Kamis, 8 September 2022 | 22:21 WIB
X