Apakah Mungkin Terkena Sengatan Matahari Pada Hari Berawan?

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:48 WIB
Sunburn  (Healthline)
Sunburn (Healthline)

HALLO LIFESTYLE - Seseorang masih bisa terkena sengatan matahari pada hari berawan. Persentase tinggi sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari menembus awan. Orang-orang harus tetap berusaha melindungi kulit mereka seperti yang mereka lakukan pada hari yang cerah.

Sunburn terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Paparan ini adalah salah satu penyebab utama kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

Matahari memancarkan sinar UV, yang dapat menembus lapisan luar kulit dan menyebabkan perubahan yang mengakibatkan luka bakar. Sunburn dapat mempercepat laju penuaan kulit. Ada tiga jenis sinar UV: UVA, UVB, dan UVC. Masing-masing memiliki panjang gelombang yang berbeda dan konsekuensi yang berbeda untuk kulit.

Baca Juga: Coba Resep Herbal dr Zaidul Akbar Ini, Dijamin Kulit Wajah Glowing Bebas Jerawat

Seseorang dapat mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah sengatan matahari dengan mengurangi paparan sinar UV dan melindungi kulit mereka.

Bisakah Anda mendapatkan sengatan matahari pada hari berawan?

Bahkan pada hari berawan, matahari masih memancarkan sinar UV, yang menembus awan dan dapat menyebabkan kulit terbakar. Lebih dari 90% sinar UV dapat menembus awan tipis dan menyebabkan kulit terbakar.

Tingkat UV cenderung tertinggi di bawah langit tak berawan, dan tutupan awan umumnya mengurangi paparan seseorang. Namun, awan cahaya menawarkan sedikit perlindungan dan bahkan meningkatkan tingkat UV karena efek yang disebut hamburan.

Baca Juga: Berikut Ini Langkah-Langkah Dasar Dalam Perawatan Kulit

Banyak permukaan juga memantulkan radiasi UV, yang menambah tingkat UV keseluruhan yang dialami seseorang: rumput, tanah, atau air memantulkan kurang dari 10% radiasi UV, pasir mencerminkan sekitar 15%, seafoam mencerminkan sekitar 25%, salju segar hampir menggandakan paparan sinar UV seseorang

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Pusat Bedah Robotik Di Bandung dan Yogyakarta

Minggu, 26 Juni 2022 | 15:19 WIB
X