Benarkah Kafein Menyehatkan Dan Membawa Banyak Manfaat Pada Kesehatan Seseorang?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 07:41 WIB
Secangkir Kopi Espresso (Open Heart)
Secangkir Kopi Espresso (Open Heart)

 

HALLO LIFESTYLE - Benarkah kafein menyehatkan? Ya, kafein itu sehat asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anda, termasuk penurunan risiko penyakit.

Manfaat kafein adalah karena efek stimulasi yang dimilikinya pada sistem saraf tubuh.

Konsumsi kafein telah terbukti mengurangi risiko depresi dan penyakit Parkinson. Kedua kondisi ini terkait dengan tingkat dopamin yang rendah di otak.

Kafein tidak meningkatkan dopamin tetapi membuat otak anda lebih sensitif terhadap dopamin, serta memberikan manfaat perlindungan bagi reseptor dopamin.

Baca Juga: Sudah Jelas Pahit, Mengapa Orang Masih Menikmati Minum Kopi?

Kafein mengurangi risiko kanker usus besar dengan mempercepat pencernaan. Peningkatan produksi empedu berarti bahwa jaringan usus besar menghabiskan lebih sedikit waktu untuk kontak dengan karsinogen yang ditemukan dalam makanan.

Kafein juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Efek stimulasi meningkatkan metabolisme anda, membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa pro dan kontra dari kopi bukan karena terkait kafein. Salah satu contohnya adalah antioksidan, yang ditemukan dalam kopi biasa dan kopi tanpa kafein.

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X