Haram Hukumnya Memberi Uang Ke Peminta-Minta Di Jalanan: MUI Sulsel

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Pengurus MUI Sulsel saat memberikan keterangan soal fatwa tentang pengemis (Kredit: MUI Sulsel)
Pengurus MUI Sulsel saat memberikan keterangan soal fatwa tentang pengemis (Kredit: MUI Sulsel)

HALLO LIFESTYLE - Memberi uang kepada pengemis atau peminta-minta di jalanan adalah haram, demikian menurut fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan yang diumumkan di Makassar, Sabtu sore 30 Oktober 2021.

Selain itu, secara umum MUI Sulsel menyatakan segala bentuk eksploitasi orang untuk meminta-minta atau berprofesi sebagai pengemis adalah haram. Dengan sendirinya, memberi uang ke peminta-minta adalah haram karena bisa diartikan mendukung eksploitasi tersebut.

MUI Sulsel juga menyatakan orang yang fisiknya utuh dan sehat namun memilih meminta-minta atau menjadi pengemis hukumnya juga haram. Lalu, keempat, hukumnya wajib bagi pemerintah untuk menyantuni, memelihara dan membina para peminta-minta tersebut.

Baca Juga: Kegiatan Berbagi, Solidaritas Sosial Belum Pudar Meski Pandemi Mulai Melandai

“Jika ada pengemis di jalan maka berdosa pemerintah. Harusnya tidak ada pemandangan peminta-minta di jalanan,” ujar Sekretaris Umum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakri Lc MA yang juga Imam Besar Masjid Al Markaz Makassar.

Fatwa ini adalah fatwa pertama yang diterbitkan oleh Kepengurusan MUI Sulsel periode 2021-2026 hasil pembahasan pakar dan ulama di Komisi Fatwa MUI Sulsel. Fatwa nomor 01 tahun 2021 itu berjudul Eksploitasi dan Kegiatan Mengemis di Jalanan dan Ruang Publik.

Tampak hadir mendampingi KH Muammar adalah, Ketua MUI Sulsel Bidang Fatwa Dr KH Ruslan Wahab MA, pengurus Komisi Fatwa MUI Sulsel diantaranya Wakil Ketua Dr KH Shaifullah Rusmin Lc MThI dan Dr Nasrullah Sapa Lc MM

Terkait dikeluarkannya fatwa tersebut, MUI Sulsel juga merekomendasikan agar lembaga pengelola zakat dan lembaga kemanusiaan lainnya perlu bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada para pengemis.

 

Halaman:

Editor: Kurniawan Siswoko

Tags

Terkini

X